Cerita dari SBRC


salam
Nama tempat ini (Surfactant and Bioenergy Research) IPB sebenarnya ini bukan cuma atu lab aja, ada polimer juga ada micro alga, bioenergi. Pemimpinnya Bu Prof. Erliza H. 

Nah sebelumnya gua grogi banget masuk ni tempat, gmn kagak gua, gua masuk lab. biasa aja udh gk ngrti ini itu, apa namanya, kegunaannya, cara pakenya, dll
karena penelitian gua inilah yang menghantarkan gua ke lab yang menurut org2(kakak IPB, udh termasuk lengkap) tapi ini juga berkat Babeh gua yang ternyata temen deket kuliahnya jadi salah satu pimpinan d sini.


sebelumnya gua juga gk bisa ngebayangin gua bakal masuk lab kayak gini, tapi gua jd malah bersyukur bisa nambah2 ilmu d sini. Ceritanya gua wajib, kudu, harus, musti nyelesein nih penelitian gua ttg bioplastik yg ujung2nya juga polimer. Gua pusing cari cara gimana caranya gua bisa mulai penelitian, di sekolah, lab gua 'canggih banget' jadi gak bakalan muat nampung penelitian gua...(hahaha,,,*aish maaf). Pertama2 gua harap IPB bisa, yaudah deh gua tanya ke Babeh yang dulu emang kuliah d sana. Eh, babeh malah langsung tanya ke temennya, Bu Endang..."hey, ponakanmu mau penelitian d lab mu, bisa orak?" dgn logat jawa yg kental. "iso2" ujar Bu Endang. udah deh setelah beberapa hari kemudian gua bisa mulai penelitian d sana.

hari pertama gua dateng dengan tanpa orang satupun yang gua kenal, kecuali bu Endang, itu juga baru kenal. udah deh gua mau gak mau tanya sini situ. gk pake malu gua todong atu2 kakak d sana buat bisa bantu gua. Untungnya gua gk d bales todong,,(hehehe)

berlanjut hari kedua, ketiga, keempat, dan hingga saat ini...

Gua semakin merasa SBRC itu sekolah kedua setelah d intam. Tempatnya enak, abang2 ma mbak2 d sana pada baek. makannnya enak(*hahaha gua dapet makan trus dong sm snack). pokoknya suasanany gk kayak d lab biasa dah. Setiap pagi gua dateng k sana, balik antara jam 2 ampe jam 5 juga pernah. hah! ternyata capek juga gua naek motor bolak balik. semakin lama gua jadi tambah ngerti ini itu ttg lab ma isi2nya. Gua mulai biasa pake alat2 d sana. Tapi hari ini gua harus ngegunain alat yang tidak biasanya. refluks, ya, apa itu refluks??(dalam benak gua)

Hari ini gua harus analisis kimia ttg kadar pati yang makan waktu kurang lebih 8 jam-an. beuh! pegel2 tuh nungguin, bagi anak smakbo ma kuliahan si biasa, emang makanan sehari2 mereka, lha gua? anak sma normal, yg cuma belajar kimia teori doang. Udah-lah gua maju aja. Gua harus buat larutan2 yang belum pernah gua kenal sebelumnya, luff shcroll, warna biru2 gt. Trus gua harus titrasi, gile...pegel gua muter2 gelas beaker satu tangan, trus pegang titrasi pake tangan atu lgy. trus campur pake indikator pp, tambah kanji, d panasin lagy pake refluks. tapi Gua seneng banget liat reaksi kimia2, liat larutan sample d tambah H2SO4 sama KI jadi ada ledakan, mirip gelembung2 gt, jd mesti hati2...(katanya sih keluar gas CO) sama pas netralin pake NaOH. pegel gua nambahinnya gk berubah2 warnanya...

gua jadi inget pas org2 d sana pada manggil gua mas!..pas pertama2 d sana
"mas, kuliah d IPB ya?" 
hmp,,,"bukan!"
"trus d mana mas?"
"masih sma kak"
gubrak, tuh kak Rakha tanyain gua kayak gitu..gondok kali ya???.
lha sejak kapan umur gua jd tua gt??? coz, mrk2 lgy pada buat skripsi, 
gua? anak sma jg belum kelar...emang muka gua tua ya?
Trus gua agak risih, gua d mirip2in sama siapa aja yang 'mereka' kenal. sedih gua, muka gua ternyata pasaran, lha?...#sabar

apa lagi pas guru gua *mentor* kemaren lagi penelitian juga d sana. mereka (kakak d sana) kira itu temen gua, yaudah mereka bilang k beliau,
"dek2"...
sabar noh guru gua d bilang gitu,,,gmn gk mereka semua gk nyadar aja. Beliau kakak mereka d IPB dulu....
hahaha...ngakak gua jadinya,,,
Di saat gua di bilang anak kuliahan, guru gua d bilang anak sma...
mending tukeran aja deh bu! wkwkwkw...

Dan yang gua kaget gua jum'at bsk gua d aja maen futsal bareng sama kakak2 d sana. hah! di saat gua pengen banget maen futsal, eh pertolongan dateng...*terimakasih ya Allah

hah mungkin sekian dulu reportase dari gua, 
gua cuma mau minta bantu doa ke lu2 semua, agar penelitian gua cepet rampung, bagusnya sih sebelum libur lebaran. Biar gua, guru gua, mentor gua bisa istirahat dan menikmati liburannya. Coz, liburan ini mereka ma gua gk bisa liburan macem yang laen...

Ternyata melakukan penelitian itu seru dan melakukan apa yang kita sukai akan menjadi tambah seru. So, gua cuma mau pesen tunjukin prestasi lu di tempat yang lu enak ngerjainnya, kan kalo suka makin tambah enak d bawanya...
oke??

Dan gua mau ngucapin terimakasih k Umi, Abi, Bunda, Dr. Myrtha, Abang, Mbak, d adek2 gua...
terimakasih atas dukungan moralnya...

Keep spirit, mad!!! 

Erken Zafer @ noktur (23.40. 5.7.2012)
  

You Might Also Like

0 comments