Peristiwa Penting di Bulan Rajab, Mulai Isra' Mi'raj hingga Keruntuhan Khilafah



Bagaimana nih kabar sobat-sobat Muslim Farmasi Unsoed? Semoga baik yaa. Ingat tidak saat ini sudah masuk bulan apa? Mei? Oh, no no, i mean in hijriah calendars, oh i see, Rajab, Of course! Tahukah sobat ternyata di bulan Rajab ini terdapat beberapa peristiwa-peristiwa penting nan bersejarah bagi kaum muslim looh. Dari mulai Isra’ Wal Mi’raj, pembebasan al-Quds hingga dibubarkannya institusi pemersatu umat Islam, yaitu Khilafah. Sobat- sobat sekalian tau gak sih apa itu khilafah?
Check this out...

Disamping terjadinya pristiwa isra’ wal mi’raj, yakni diperjalannya Rasulullah SAW dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsha di Palestina (isra) selanjutnya dari sana Rasulullah SAW diberangkatkan ke Shidratul Muntaha(Langit). Selanjutnya peristiwa tersebut, di bulan Rajab juga terdapat peristiwa pembebasan al-Quds pada 1099 M, bumi al-Quds (Yerusalem) Palestina jatuh ke tangan pasukan salibis dalam perang salib. Banyak kaum Muslim, baik orang tua, anak-anak, dan kaum wanita dibantai oleh pasukan salibis. Kegelapan berlangsung hingga beberapa tahun hingga pada tanggal 27 Rajab 583 H, Shalahudin Al-Ayubi berhasil membebaskan kembali Palestina dari tangan para salibis tanpa sedikitpun adanya kebencian dan pembantaian seperti ketika pasukan salibis menjajah, karena sesungguhnya ‘futuhat’ yang dilakukan oleh ke-khilafahan untuk menghilangkan penghambaan terhadap makhluk kepada penghambaan kepada Rabb Sang Penguasa Alam Raya.
Sejak saat itu, Kaum Kafir semakin berusaha tuk bekerja dan merencanakan berbagai tipu muslihat tuk melemahkan umat Islam. Tepat pada tanggal 28 Rajab 1342H, bertepatan dengan 3 Maret 1924, Seorang pengkhianat, Mustafa Kemal at-Turk, dia keturunan Yahudi Dunama, telah menjadi agen Barat berhasil meruntuhkan Khilafah Islamiyah(Islamic chaliphate). Sejak tregedi itu, berbagai bencana menimpa umat islam. Sobat sekalian, Umat Islam yang dulunya satu kepemimpian mulai dari Spanyol hingga Indonesia, Kini sudah terpecah menjadi lebih dari 50 negara. Kemulian umat islam tidak ada yang menjaga, 1 juta muslim di Iraq dibantai oleh pasukan penjajah Amerika, Pembantaian di Palestina yang tidak kunjung selesai, Pattani, dan lain sebagainya tak ada yang menjaga. Tidak adanya Khilafah ini, menjadikan penjarahan, penjajhan, pembantaian, juga pengrusakan pemikiran menimpa umat islam kini namun tak ada yang menjaganya.
                Ide-ide barat seperti sekulerisme, pemisahan agama dari kehidupan yang menjadikan umat islam saat ini hanya tau bahwa agama hanya di Mesjid atau Mushola. Aneh bin sedih sobat sekalian, Bagaimana mungkin Islam seperti itu dapat menguasai 2/3 Bumi ketika kekhilafahan dulu. Faktanya, Islam adalah agama yang sempurna, mengatur selurh sendi kehidupan. Dari mulai masuk kamar mandi hingga urusan pemerintahan.
Khilafah merupakan sistem pemerintahan islam yang khas, berbeda dengan sistem-sistem lainnya yang ada di dunia ini. Khilafah bukan sistem federasi, bukan pula monarki (pemerintahan kerajaan), teokrasi (pemerintahan agama), republik atau kekaisaran. Namun sangat disayangkan sejarah Ke-khilafahan ini banyak di kubur dalam-dalam, hingga sobat pun munkin tak pernah dengan atau baca sebelumnya. Saat ini sudah genap 90 tahun Khilafah sebagai institusi penjaga umat Islam dicampakkan, kini para kaum kafir dengan mudah mencekoki denganberbagai ide-ide asing seperti nasionalisme, HAM, demokrasi, pluralisme dan lain sebagainya.
Sampai kapan sobat sekalian rela berada dalam hari-hari yang kelam dan terus diam dengan bencana-bencana yang menimpa kaum muslim di belahan Dunia yang lain? Sudah saat nya sobat muslim sekalian tuk bangkit sebagai generasi muda Islam yang cemerlang dengan kembali kepada islam secara menyeluruh. Hanya satu-satunya cara selamat dunia akhirat ya kembali kepada islam. Caranya? Kenali islam secara komprehensif karena islam adalah agama yang komplit, yang memiliki pandangan hidup dan jalan hidup. Dan tentu karena manusia diciptakan oleh Rabb Semesta Alam, tentu seluruh peraturan yang telah ada dalam Al-quran dan As-sunnah  harus menjadi tuntunanya. Selanjutnya berjuang bersama barisan dakwah ke sekeliling sobat sekalian hingga akhirnya Islam dapat diterapkan secara menyeluruh dalam kehidupan sehari-hari. InsyaAllah Khilafah akan kembali karena hal itu telah Allah SWT Janjikan. Allah SWT Berfirman :

وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَيَسْتَخْلِفَنَّهُمْ فِي الأرْضِ كَمَا اسْتَخْلَفَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ وَلَيُمَكِّنَنَّ لَهُمْ دِينَهُمُ الَّذِي ارْتَضَى لَهُمْ وَلَيُبَدِّلَنَّهُمْ مِنْ بَعْدِ خَوْفِهِمْ أَمْنًا

Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal salih di antara kalian, bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang yang sebelum mereka berkuasa; akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka; dan benar-benar akan menukar (keadaan) mereka sesudah mereka berada dalam ketakutan menjadi aman sentosa (QS an-Nur [24]: 55
Marilah kita semua segera menyongsong bisyirah (kabar gembira) dari Rasulullah saw.:

....ثُمَّ تَكُونُ خِلَافَةً عَلَى مِنْهَاجِ النُّبُوَّةِ

Selanjutnya akan datang kembali Khilafah berdasarkan metode kenabian (HR Ahmad)
So, bersegeralah berjuang untuk Islam sebagai timbangan kebaikan dengan izin Allah. Kapan? Saat ini juga!

 (Artikel Mading Bulanan BEM Farmasi Unsoed, dalam menyambut Bulan Rajab 1435 H)

You Might Also Like

0 comments