Sebuah Perkenalan Singkat


Segala puji bagi Allah SWT, segala rahmat dan karunianya yang diberikan kepada kita semua. Perkenankan saya untuk memperkenalkan sebuah wadah berkarya, tempat segala ragam tulisan, curahan pemikiran, serta yang saya rasa baik untuk dibagikan kepada yang lain. Tak ada motivasi lain, selain motivasi yang bersumber dari salah satu Hadist Nabi. Rasulullah SAW bersabda :

“Sebaik Baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain”

Setiap perbuatan sejatinya akan kembali kepada si pelaku perbuatan. Kebaikan yang kita lakukan pun sejatinya kan kembali kepada diri kita. Allah SWT berfirman:

“Jika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri”
(QS. Al-Isra:7)
           
Menulis bagi saya adalah salah satu ikhtiar kebermanfaatan diri bagi sesama. Terlebih semoga kebermanfatan yang saya ikhtiarkan ini, kelak dapat memberikan gelar khairunnas di akhirat nanti, Aamiin. Disamping itu aktivitas menulis bagi saya adalah hal yang terus menerus menjadi obor penyemangat tuk terus meningkatkan kualitas diri. Setiap kali menulis, tentu haruslah diimbangi dengan thalabul ilmi yang cukup, salah satunya dengan dirosah fardiyyah. Tanpa itu? Bukan malah menjadi kebermanfaatan, namun malah dapat menjadi corong kemaksiatan dengan tulisan fitnah yang sama sekali non linear dengan kebaikan. Maka, aktivitas menulis akan terus membuat diri terpacu untuk terus-rajin membaca dan menganalisis beragam narasi serta kondisi kehidupan. Tentu, aktivitas itu kan menjadi kebaikan, bila dilandasi oleh Al-Idrak Al-sillabillah (keterikatan dengan Allah).

Aktivitas menulis juga merupakan salah satu cara yang dicontohkan oleh Nabi Muhamamd SAW, para ulama pewaris nabi, generasi salafus saleh.  Rasulullah SAW bersabda:
“Ikatlah ilmu dengan tulisan”
(Silsilah A-hadits Ash Shahihah no. 2026)

Imam Asy Sya’bi rahimahullah pernah berkata :
“Jika dirimu mendengar faidah ilmu, maka catatlah meskipun di tembok!”

(Diriwayatkan oleh Khaitsamah, lihat Hilyah Thalibil ‘Ilmi hal. 53)

Maka sebab itulah, perkenankan saya untuk memperkenalkan blog sederhana saya, www.kangimad.com yang berisikan tulisan sederhana saya, seorang pembelajar yang terus belajar. Memang tentu sangatlah jauh dari kata sempurna dan baik. Tentu sangatlah butuh beragam kritikan dan masukan. So, semoga beragam tulisan ini bermanfaat untuk semua, sebuah catatan tulisan seorang pembelajar. Suwun!

Wallahu ‘alam bishowab


Purwokerto, 19 Februari 2017

You Might Also Like

1 comments