Terus Gelorakan, Jangan Pernah Padam! #15


Kiranya kita bisa merenungi sedikit kutipan menarik dari Edward W. Said dalam bukunya Peran Intelektual : 

"...Pada dasarnya intelektual menurut saya, bukanlah pencipta konsensus dan kedamaian tapi mereka yang seluruh kehadirannya ditandai oleh sikapnya yang kritis dan memiliki cita rasa untuk tidak menerima formula yang sederhana, atau pandangan klise, atau sesuatu yang berjalan tanpa gejolak dan akomodatif pada kekuasaan dengan tidak melakukan atau mengatakan sesuatu yang kurang berkenaan bagi penguasa"

Selamat memasuki rimba intelektual, adik-adik ku. 
Terkhusus, adik-adik ku di SMAIT Insantama yang inshaAllah tahun ini mulai menjalani kehidupan baru nya di dunia kampus. 

Ingatlah oleh kalian, bahwa pertautan antara intelektual dan kehidupan rakyat itulah yang menjadi dasar pendirian sebuah kampus. Hadir bukan sekedar menyiapkan tenaga terlatih yang akhirnya hanya menjadi budak-budak alat kapitalisme global, namun kalian harus menjadi sebuah penghidupan harapan. Terlebih, negeri ini, negeri yang kita cintai ini, nyata nya hanya menjadi bulan-bulan an negara imperialis, yang diperkosa oleh para bajingan dan para cecunguknya. Pada saat itulah ciri aktivis melekat pada setiap intelektual. Ciri yang menandakan bahwa ada pergulatan, kesangsian, dan keikutsertaan dalam masalah-masalah kemanusian, terlebih sebagai seorang muslim, maka dalam masalah keummatan. 

Bergumul nya, kalian sebagai kaum intelektual akhirnya bukan lagi sebuah tanggungjawab akademik maupun moril. Namun, ini adalah sebuah keharusan. Perlawanan terhadap segala bentuk tirani wajib kalian terus gelorakan. Dan hanya dengan ideologi Islam lah kita kan melawan dan terus berjuang! Melawan segala bentuk tirani kuasa kapitalisme terhadap rakyat! Serta hanya menawarkan Ideologi Islam sebagai satu-satu nya jalan kemenangan untuk memerdekakan secara hakiki akan imperialisme yang secara nyata dijalankan!

Terakhir, saya berpesan, "Jangan pernah ber mesra-mesra an dengan Para Penguasa! Dan bawalah bara api Ideologi Islam kemanapun kalian berada!" Moga, Allah Swt merahmati dan mengistiqomahkan kita dalam jalan perjuanganNya. Aamiiin. 

Purwokerto, 4 Mei 2017

Salam dari mahasiswa lanjut semester,

You Might Also Like

0 comments