MALARIA


Malaria merupakan penyakit ini disebabkan oleh parasit yang disebarkan oleh nyamuk anopheles. Parasit tersebut adalah Plasmodium falciparum dan Plasmodium vivax, walau sebenarnya parasit Plasmodium ada yang jenis lain nya. Parasit protozoa ini kemudian beredar di saluran pembuluh darah manusia, dan menyebabkan berbagai permasalahan bahkan bila dibiarkan dapat menyebabkan komplikasi yang lebih parah ketika protozoa ini mencapai bagian-bagian tubuh seperti di otak yang bisa menyebabkan infeksi pada lapisan meninges jadilah meningitis, di ginjal, paru dan lain sebagai nya.

Penyakit ini juga masih menjadi salah satu penyakit yang bisa dikatakan cukup 'merepotkan' dunia kesehatan.Terlebih bagi negara-negara berkembang. Terutama kawasan asia tenggara dan africa. Ya, Indonesia merupakan salah satunya :) bahkan kajian secara lebih mendalam di Indonesia, wilayah Indonesia bagian timur bisa dikatakan 'lebih mengerikan'. Malaria disana bisa dikatakan seperti penyakit flu alias sudah umum. Terutama bagi para pendatang, dan bisa dikatakan dapat terasa lebih parah manifestasi nya dibandingkan dengan orang asli sana. Mengapa? secara imunitas penduduk asli saking terbiasanya dengan penyakit tersebut akhirnya memiliki tingkat imunitas yang lebih tinggi dibandingkan para pendatang.

Hingga (seingat saya) rekomendasi tatalaksana yang dikeluarkan oleh kemenkes, para pendatang yang hendak berangkat ke Indonesia bagian timur disarankan diberikan terapi profilaksis, yaitu diberi injeksi doksisilin. Dan salah satu yang menjadi permasalahan di Indonesia bagian timur tersebut, terapi standar, yaitu ACT (artemisin combination terapi) sudah dikatakan resisten.

Terapi untuk tidak komplikasi diberikan turunan artemisin (artesunat) yang dikombinasikan dengan floroquinon. Sedangkan untuk dengan komplikasi diberikan artesunat lewat dengan paranteral, agar dapat langsung membersihkan parasit yang mana penyakit ini beredar disaluran pembuluh darah.

Dan akhir-akhir ini, seingat saya pada tahun 2015 ini dikabarkan sedang dikembangkan vaksin malaria. Tapi, entah kapan vaksin ini bisa dirilis mengingat lama nya proses suatu obat untuk bisa dirilis ke masyarakat. Ya, semoga saja dengan kelak vaksin tersebut, bisa semakin meningkatkan tingkat kesehatan dunia.

Btw, dilink yang saya bagikan, ada overview singkat termasuk pencegahan nya. Karena penyakit ini memiliki vektor yaitu nyamuk maka pemberantasan nyamuk menjadi titik tekan pencegahan nya pula.

Semoga bermanfaat :)

https://www.nature.com/articles/nrdp201751


***
M Imadudin Siddiq

You Might Also Like

0 comments