'NGAJI' IDEOLOGI ALA KAMERAD


Ideologi menurut seorang Komunis Italia, Antonio Gramsci adalah adalah konsep-konsep kehidupan yang tampak dalam semua aspek eksistensi individual dan kolektif sekaligus yang dapat mengorganisasi massa manusia, dan menciptakan wilayah di atas mana manusia bergerak, memperoleh kesadaran atas posisi, perjuangan mereka, dan sebagainya.

Ideologi umumnya bergerak untuk mempertahankan kohesi sosial dan mengekspresikan kepentingan-kepentingan dominan.

Bila kita sedikit merujuk pada seorang Komunis Prancis, Louis Althusser dalam Esai nya "Aparatus Negara Ideologis". Dia menjelaskan bahwa Ideologi mereproduksi hubungan-hubungan sosial dari produksi, dan Ideologi pula menjadikan kita sebagai subjek-subjek.

Itulah sedikit beberapa penyataan terkait definisi sebuah Ideologi dari para punggawa kamerad (sebutan para aktivis kiri). Saya sedang tidak membahas kekeliruan pemahaman mereka, namun saya ingin mencoba menyentil pemahaman kaum orthodox gaya baru. Kaum tradisionalis yang nyaris secara sempurna di hegemoni rezim, kalo minjem bahasa Machiavelli adalah praktek kenegaraan berdasarkan kekerasan dan penindasan dalam pemaksaan.

Nyatanya common sense (kenalaran umum) kita kabur, kita tidak memahami sebuah definisi. Bahkan untuk arti sebuah kata "Ideologi" pun.

Nyatanya Ideologi tidak sekedar anda teriak dan lalu penuh semangat menjustifikasi lawan anda sebagai antithesis anda. Namun, sama sekali apa yang anda katakan tentang Ideologi tersebut sama sekali bisu menghadapi realitas kehidupan ini. Bahkan anda terpaksa melacur dengan Ideologi lain. Mengapa? Karena memang itu tidaklah cukup dikatakan sebagai sebuah Ideologi. Nyatanya suatu istilah tidak sesederhana apa yang dipropagandakan itu. Segeralah paham bahwa anda dalam kebingungan yang nyata, kawan!

Segera bergerak dan cari tahu!
Sejenak bersemedi lah kita disepertiga malam. Meminta dan terus diberi pencerahan olehNya. Dan jangan lupa berdoa untuk dilunakkan hati kita, agar MAU MENERIMA KEBENARAN! [].

Yuk, ngopi meneh~

***
M Imadudin Siddiq

You Might Also Like

0 comments