PERIODE AWAL MASUK NYA ISLAM DI NUSANTARA

Berikut adalah perjalanan masuk nya Agama Islam di Nusantara. Mungkin kita saat SD-SMP dulu di cekoki oleh teori-teori seperti teori gujarat, dsb. Namun, setelah ditelaah lebih lanjut hal tersebut tidaklah tepat. Berikut adalah teori lain proses masuk nya Islam di Nusantara yang saya sarikan dari buku berjudul, "Jaringan Ulama: Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII" Karya Prof. Dr. Azyumardi Azra (1995).
*Cara baca : Liat nomer di foto dan penjelasan sesuai nomer nya

1. Pertama kali korespondensi antara Khilafah dan Dinasti China. Zaman Khalifah Ustman bin Affan. Pengiriman duta Khilafah ke China (644-56 M). Tercatat di Sejarah dinasti China yg berjudul Chiu T'ang Sku yg meriwayatkan pada 31/651 Istana Tang dikunjungi duta pertama negeri Ta Shih-Istilah China untuk menyebut Arab.
1
2. Saat Kekhilafahan Umayyah tercatat 17 duta Muslim di Istana China. Sehingga di Dinasti China sendiri mulai bermunculan komunitas muslim. Setelah itu terdapat korespondensi antara Dinasti China-Kerajaan Sriwijaya pada 671 M. Disamping itu, akibat terjadinya kerusuhan di komunitas muslim di China, akhirnya banyak kaum muslim china yg pindah mencari perlindungan dan pindah ke kerajaan sriwijaya.
2

3. Tercatat ada korespondensi antara Maharaja Sriwijaya-Khalifah lewat 2 surat.
3

4. Salah satu nya surat antara Raja Al-Hind kepada Umar bin Abd Al-Aziz, yg salah satu poin nya adalah "saya ingin Anda (Khalifah Umar bin Abd Al-Aziz) mengirimkan kepada saya seorang yg dapat mengajarkan Islam kepada saya dan menjelaskan saya tentang hukum-hukumnya".

4
5. Bahkan raja tsb menuliskan di akhir surat nya, "Terimalah hadiah itu, karena saya adalah saudara Anda dalam Islam". Dan menurut Fatimi. Surat itu diterima oleh Khalifah Umar bin Abd Al-Aziz pada bagian akhir tahun 718 M.
5. 

Dari paparan sejarah diatas, ada satu hal penting yg saya dapatkan. Bahwa Indonesia yg kita diami ini pun memiliki fakta sejarah yg erat kaitan nya dg Khilafah sebelum nya. Sangat sulit untuk menolak peran penyebaran Islam oleh Khilafah saat itu. Selain itu penyebaran Islam tsb sangat masif dilakukan dengan adanya peran negara, yaitu Khalifah. Dimana Islam sebagai Rahmatan lil'alamin jelas wajib disebar luaskan. Disanalah peran strategis dari negara. Semoga adanya Negara Khilafah itu segera tercapai, kembali. Tentu, Khilafah Rasyidah ala Minhajin nubuwwah. Aamiin.
Sungguh tak layak kita, hari ini yang hidup di Indonesia, justru malah memusuhi ide-ide Khilafah tersebut. Selain itu memang merupakan ajaran Islam yang bukan merupakan sebuah pilihan untuk Kaum Muslim, tetapi berkat Khilafah juga lah Islam bisa sampai di Indonesia dan kemudian kita (alhamdulillah) bisa merasakan nikmat tersebut. 
#ReturnTheKhilafah #KhilafahAjaranIslam
Semoga bermanfaat!


Muh Imadudin Siddiq

You Might Also Like

1 comments